Sabtu, 01 September 2012

Mengenal Statistika

Pengertian Statistika

Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara merancang, mengumpulkan, mendeskripsikan, menganalisis, dan menarik kesimpulan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang mempelajari data.

Statistika Deskriptif dan Statistika Inferensial

Menurut jenjangnya, statistika dapat dibedakan menjadi statistika deskriptif dan statistika inferensial. Statistika Deskriptif berhubungan dengan penyusunan data ke dalam bentuk tabel, grafik, dan perhitungan, sehingga data tersebut dapat memberikan informasi. Sedangkan Statistika Inferensial berhubungan dengan analisis dan pengambilan kesimpulan atau keputusan berdasarkan data.

Populasi dan Sampel

Populasi adalah sekumpulan dari item yang akan diteliti. Sedangkan sampel adalah bagian dari populasi. Dalam statsitika, populasi dilambangkan dengan N, sedangkan sampel dilambangkan dengan n. Karakteristik dari populasi disebut parameter, sedangkan karakteristik sampel disebut statistik.

Metode pengambilan sampel, atau juga disebut teknik sampling, adalah tata cara pengambilan sampel dari populasi, dimana setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk diambil, sehingga sampel yang dihasilkan adalah sampel acak.

2 komentar:

  1. Video Uji Reliabilitas Cronbach Alpha Menggunakan EVIEWS
    www.youtube.com/watch?v=YiMBKcvzkE4
    WHATSAPP 085227746673
    Analisis Dengan EVIEWS, LISREL, SPSS, AMOS, DLL

    BalasHapus
  2. Beginner's Guide to Baccarat | Winnione
    The most popular and popular casino game in the world is Pai Gow poker, where the player has to bet five cards at a time before a draw. The 에볼루션 바카라 사이트 game

    BalasHapus